Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Thursday, July 3, 2014

manfaat sirih

       Manfaat sirih, awer-awer, dausalo, bar-bar, sirih popar (fucus septica burm). Perdu yang banyak tumbuh di tempat agak basah ini hampir tumbuh di seluruh nusantara, dari akar sampai daunya mempunyai kegunaan. Akarnya ditumbuk dengan adas pulowaras dan airnya diperas dapat digunakan untuk mengobati keracunan ikan, gadung (dioscorea hispida dennst) dan kepiting. Jika ditumbuk dengan segenggam akar alang-alang danairnya diperas merupakan obat muntah yang sangat manjur.

       Daun awar-awar sering digunakan untuk menolak setan. Jaman dulu daunya banyak dimanfaatkan untuk membuat tikee, yaitu daun awar-awar diiris halus kemudian di campur candu. Dalam bentuk bulatan kecil ini tikee dibakar di dalam alat penghisap madat khusus yang dinamakan "bedhutan".

       Seringkali pohon awar-awar yang sudah tua di bagian terasnya memperlihatkan gambar seperti pelet timaha, bagian ini banyak dicari pencinta keris untuk warangka karena diyakini kayu ini dapat meredam keris/tombak yang panas serta menjauhkan dari gangguan jin jahat dab blak magic. yang perlu di ingat kayu ini sangat lunak

Demikian ulasan penulis semoga bermanfaat, trimakasih.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Mohon kritik dan saran